15.5.14

..kakaKeira: birth story..

rabu, 14 agustus 2013

di ruang kontrol
sesuai jadwal, kontrol di usia kehamilan tepat 39 minggu. dokter soffin nanya apa udah ada berasa-berasa kontraksi? saya bilang ada kadang-kadang kenceng gitu, tapi gak yakin, kayaknya sih braxton hicks aja.

di cek sama belionya, ternyata belum ada kontraksi. plasenta udah mulai pengapuran tipikal hamil tua, tapi cairan amnion masih bagus. sebenernya kalo diliat dari posisi janin udah ready for release bgt, kepala udah di jalan lahir, panggul oke, tinggal ngikutin aja ni si kakak kapan pengen keluar dan bukaan serviks tentunya.

pas saya pamitan mau keluar ruang praktek, dr soffin bilang: "semoga minggu depan gausa kesini lagi ya, buk. ketemu di VK aja kita." 
yg saya jawab dengan mantap, "siap, dok!" :)
yap. sejak usia kehamilan 37 minggu, saya siap disuruh lahiran kapan aja. udah gak sabar banget mau ketemu bocah bayi.

di ruang senam
setelah kontrol saya biasanya bablas senam hamil, dan hari itu jadwalnya ganti intruktur yg emang rolling bulanan. mbak sani yg liat saya masih disitu sejak terakhir dia rolling 3 bulan lalu, nyeletuk dong "mba dhita kok masih senam aja? temen-temennya udah pada lahiran loh."
dan lagi-lagi dijawab dengan lantang: "saya kan emang mulai senamnya pas masih 6 bulan, mba. temen-temennya tu baru mulai pas umur 8 ato gak 9 bulan. tapi palingan ini terakhir senam, mba. hehe"
lalu tatapan kagum dari ibu-ibu hamil seruangan pun tertuju pada saya. mereka pasti ngira saya rajin banget karena senam hamil sejak 6 bulan. pada gak tau aja alesan sebenernya karena saya gak ada kerjaan selain senam hamil. buahahaha.


kamis, 15 agustus 2013

18.15
perut mules karena pengen bab, yauda nongkrong dulu di wc deh kita ya.

18.30
misi selesai, udah bersih-bersih juga dan tinggal pakai celana. egh kok tiba-tiba ada yg ngucrut tanpa sengaja ya? masa sih saya ngompol? bentar-bentar. yaaah kok agak lengket? duuuh kok gak mau berenti?
ketuban deh ini, ceunaahh,, ketubaaaaan!!

buru-buru pake celana, keluar dari kamar mandi dan ВВМ in unyil. bilang ke doi buat siap-siap nyari tiket pulang ke jawa sehari lebih awal dari rencana.

18.35
inhale-exhale, lalu sok santai bilang ke mamidedi yg lagi buka puasa "umm, kayaknya pecah ketuban deh."

mereka pun dengan sok santai (pula) nyuruh saya buat goler-goler aja dulu di kasur sambil sms dokter soffin. mana abis itu mereka pamit ke saya mau rapat bentar di pondok, dan pesen kalo misal kenapa-kenapa langsung calling-calling.

19.05
ketuban makin bocor ya, seus. sms dokter soffin, kata belio langsung ke RS aja buat di observasi. mamidedi yg udah perjalanan ke pondok di telpon biar balik ke rumah jemput pregnant princess dan anter ke RS.

mereka sampe rumah, saya udah nunggu di depan gerbang sambil nenteng hospital bag (yg udah disiapin dari kemarin-kemarin) dan kunci mobil lainnya. mamidedi gak sempet masuk rumah, cuma sempet tuker mobil yg joknya kulit biar gak ngrembes *penting banget deh*, lalu capcus lah kami bertiga ke RS.

sepanjang jalan saya nyoba ngajak ngobrol kakak yg dirasa diem aja gak gerak-gerak heboh kayak biasanya. sementara mamidedi (masih) mencoba kalem, bilang gakpapa lah, biasalah, gak usah panik lah, becandain lalala-yeyeye, tapi saya jelas tau satu hal. mereka cuma pura-pura tenang, biar saya tenang. i could feel it from their tone, and daddy's driving style. yg beda dari biasanya. :')

19.30
see, hampir setengah jam baru nyampe RS! biasanya kalo saya nyetir sendiri aja 15 menit juga udah nyampe, itu pun dengan kecepatan siput loh. masa dedi kalah balapan nyetir sama ijk? :)

turun dari mobil celana udah basah kuyup, tapi masih jalan sendiri dengan gagah berani ke loket pendaftaran. egh, sama petugasnya langsung disuruh masuk, pasti lah karena liat perut segede bola basket. :p

pas masuk di UGD sempet duduk dulu buat didata sama dokter jaga, dimintain buku kontrol, dan urusan administrasi. doi kayaknya gak ngeh kalo saya udah basah kuyup. gitu tau, langsung deh heboh nyuruh mba suster anter saya ke VK (yg ternyata sebelahan dan ada pintu tembus dari UGD).

ternyata gini toh VK (verloskamer (dutch): ruang bersalin). berbilik-bilik, ada suara-suara rintihan yg beda-beda nadanya, dan adem bener kayak di kulkas. saya kebagian satu bilik di paling pinggir. persis sebelahan sama ruang istirahat dokter. well, good then.

19.45
udah tiduran di salah satu bilik VK. setelah sebelumnya dibersihin dulu sama suster, digantiin celana dan dipasangin diaper yg biasa dipake buat pasca lahiran. ya ampun tau gitu tadi dari rumah make itu deh ya biar gak basah kuyup.. -.-"

dari catatan acak saya di notes blackberry, kronologi drama lahiran saya tu.. pertama diperiksa dalem dulu sama suster jaga dan ternyata masih bukaan 1. as expected, wong saya juga belum ngrasain apa-apa, malah ngeri lah ya kalo tau-tau udah bukaan 7 gitu, misalnya. 

abis itu CTG buat ngecek detak jantungnya kakak. pake semacem alat, yg sama suster dipesenin misal ngrasain gerakan kakak saya harus mencet tombol. nah, sedihnya selama hampir 10 menit megang alat itu saya sama sekali gak ngrasain gerakan kakak. bahkan seinget saya sejak dari rumah pun gak ada gerak. deg. hati sempet kebat-kebit.

karena saya bilang gak ada gerakan, suster masang alat apa lagi gitu di perut buat ngecek kondisi kakak secara lebih detail. alhamdulillah, ternyata semua normal, katanya mungkin kakak lagi tidur aja jadi gak banyak aksi. suster pun pesen kalo saya gak boleh banyak gerak, karena ketuban saya udah bocor lumayan banyak.

the famous infus
sayup-sayup saya denger suster telpon ke dokter soffin nglaporin kondisi saya dan kakak. gak lama dia balik buat cek alergi dan masang infus di lengan. apaah? infus? seumur-umur belum pernah ni saya diinfus. masa sih harus make gituan? kayaknya di sinetron-sinetron itu kalo ngeden gak pake infus deh *ketauan banci sinetron*! sempet tawar menawar sama suster, dan dari penjelasannya tu lagi-lagi karena ketuban saya udah bocor, jadi bisa lebih beresiko akan serangan kuman-kuman. lagian katanya infusnya tu isinya antibiotik buat nangkal kuman masuk aja kok. oke deh, sus. enjus saya gih! enjus!

kelar masang infus, suster ngasi tau kalo nanti dokter soffin visit masih ntar jam 00.00 WIB. jadi saya disuruh bobok-bobok cantik dulu buat nyimpen tenaga. owya, doi juga nanya kapan terakhir saya bab, saya langsung ngeh "pasti prosedur enema deh." karena salah satu birth plans saya adalah gak mau enema, maka saya pun bilang, "udah sus tadi sebelum berangkat kesini. kalo misal kebelet lagi saya mau ke wc sendiri aja ya." 

si suster syok dan menjawab untuk ke sekian kali, "tapi ibu kan ketubannya udah pecah, sebaiknya jangan turun-turun dari tempat tidur bu. kalo mau pipis/bab di pispot aja."

daaang!

here's the thing. ketuban pecah dini bukanlah hal yg pernah saya bayangkan sebelumnya. oke, saya sering denger, tapi sama sekali gak pernah ngira kalo saya akan mengalaminya sendiri on my first baby labor. yakin gak pernah bayangin.

yg saya harapkan pastinya baby labor sign berupa flek di saat yg tepat,  mulai ngrasain kontraksi yg konstan secara smooth dan bertahap, cek bukaan, jalan-jalan sama suami dulu demi mempercepat proses bukaan dan mendistraksi kontraksi, pas kontraksi makin hebat baru istirahat di VK buat nyimpen tenaga sambil dielus-elus suami, gak lama bukaan lengkap, ketuban pecah alami, dan siap-siap ngeden..

sounds good, to? 
tapi, apa lacur..

ketuban pecah dini 'memaksa' saya untuk tiduran satu posisi, dipasang infus pertama kalinya sepanjang hidup saya, menatap nanar pada langit-langit VK karena gak bisa jalan kemana-mana, menikmati tiap datangnya kontraksi diatas ranjang sederhana, dan usaha nambah bukaan serviks hanya dengan ngandelin usaha kakak serta kekuatan doa.

*sigh*


20.25
akhirnyaaaaaaa.. datang juga kamu, wahai kontraksi!
satu rasa yg udah dinanti-nanti sejak 9 bulan lalu. hello, you!
lucu juga kalo dipikir-pikir. rasa sakit kok dinanti berbulan-bulan lamanya. 
tapi buat saya, kontraksi serta proses melahirkan adalah satu hal yg sensasinya tu mungkin sama kayak kalo kita sidang skripsi. sama-sama jadi goal atas sebuah proses panjang yg sudah dilewati berbulan-bulan, dan gak bisa dihindari. jadi walopun ngeri-ngeri sedep pas dibayangin sebelum kejadian, tapi rasanya pengen cepet tiba waktunya, segera terlewati dengan lancar dan perasaannya bisa cepet plong.

nah, sebelum lahiran, saya banyak nanya "gimana ya rasanya melahirkan?" ke orang-orang yg udah lebih dulu lahiran. seringnya sih ke temen dan kenalan yg hampir sebaya ya, bukan ke angkatan nyak babe gue yg pasti akan bilang "gak sakit kok" itu.

rata-rata yg saya tanya bilang sakitnya kayak mens berkali-kali lipat. tapi buat saya pribadi, sakit kontraksi itu lebih 'kaya'. setiap kali nongol, rasanya dimulai dari rahim bawah depan, merembet naik ke perut atas, terus merembet pindah ke belakang (punggung), ke bawah (pinggang) dan berakhir dengan rasa sakit yg hampir merata dari pangkal paha sampe bawah torekeket. sumpah rata deh, maak! gak boong deh ijk!

kontraksi beneran intervalnya selalu datang secara konstan tiap 5 menit, dan durasi minimal 30 detik setiap kalinya. saya pun gak lupa nyatet waktu tiap hal itu datang, sambil telponan sama unyil (nanyain progress tiket pulangnya dia), wasap-an sama eka (nagih pempek yg gak kunjung dateng sejak saya masih hamil 3 bulan sampe waktu itu mau brojol), ввм farida (yg sampe saya kelar lahiran R pun enggak (mahjonger macam apa kamu, congskiii!!)), serta gak lupa update twitter.

bukan mau songong atau gimana ya.. tapi jujur aja walopun sakitnya sebegitu 'kaya', saya amat sangat menikmati tiap rasa itu muncul. duileee.. ;p

iya, saya emang gak sempet ikut pelatihan hypnobirthing, tapi paling gak tau lah kalo pas rasa sakit kontraksi dateng kita ikutin aja, jangan pernah dilawan. so, yg saya lakukan kemarin tu pas sakit mulai dateng, saya justru sambut dan bilang "oke, dateng lagi ya kamu". bak menyambut sahabat karib, sambil praktekin teknik pernafasan yg udah diajarin di senam hamil.

i told you, darling.. i was ready.. very ready..!

masih bisa jumawa, sampai saat itu..
soalnya belum tau apa yg akan terjadi beberapa jam kemudian.. muahahaha..



-to be continued-